Minggu, Maret 29, 2009

Tangan Yang Memberi

Bacaan Kisah Para-rasul 20 : 35, Lukas 6 : 38
Apa yang muncul di benak Anda ketika mendengar kata philanthropy? Barangkali Anda akan langsung teringat orang-orang seperti pendiri Microsoft, Bill Gates, yang telah menyumbangkan 28 miliar dolar! Anda akan teringat Gordon Moore, pendiri Intel, yang telah menyumbangkan 7 miliar dolar. Atau barangkali Anda akan teringat dengan Andrew Carnegie yang telah menyumbangkan 90% dari kekayaannya setelah ia pensiun. Para philanthropies tersebut memiliki keinginan yang sama bahwa uang yang disumbangkan digunakan untuk kepentingan sesama dan bagaimana membuat dunia menjadi lebih baik. Seperti halnya kata philantrophy berasal dari bahasa Yunani yang berarti philos = kasih dan onthropos = manusia.
Para philanthropies tersebut tahu rahasia mencapai kebermaknaan hidup dan rahasia hidup berkelimpahan, yaitu memberi. Mereka tahu bahwa tangan yang di atas selalu lebih mulia daripada tangan yang ada dibawah. Ajaran Kristus sendiri berulangkali menekankan pentingnya memberi, bahkan Firman Tuhan jelas-jelas menekankan bahwa memberi itu lebih berbahagia dari pada menerima.
Ironisnya, banyak orang Kristen yang notabene akrab dengan pengajaran Yesus justru mengabaikan rahasia kelimpahan ini dengan bersikap egois, kikir dan tidak mau tahu dengan penderitaan sesama. jilka kita terlalu pelit untuk memberi, kita juga akan sulit untuk diberkati! Sebaliknya, jika kita suka memberi, maka kita juga akan muclah untuk diberkati. Siapa banyak menabur, dia akan banyak menuai. Inilah adalah hukum alam yang tidak bisa disangkal. Mengapa banyak orang tidak mau memberi? Alasannya klasik untuk dirinya sendiri saja pas bahkan kurang, bagaimana mungkin harus berbagi dengan orang lain? Itulah mentalitas dan cara pandang miskin yang perlu kita ubah. justru jika kita ingin nasib kita berubah, kita harus mulai menyisihkan sejumlah "benih" untuk ditabur. Latihlah diri kita untuk "menabur di masa kering", dan kita akan menuai berkat yang sangat mengejutkan di kelak kemudian hari. e Kwik
Tangan yang suka memberi akan mudah menarik berkat dan kelimpahan

Tidak ada komentar: