Selasa, Mei 06, 2008

Bagaimana Mengetahui Kehendak Allah?

Bagaimana anda tahu bahwa apa yang anda anggap harus dilakukan merupakan kehendak Allah, dan bukan keinginan manusia? mungkin ini membingungkan. Melakukan kehendak Allah adalah suatu yang terjadi secara alamiah. sebagian kebingungan kita mungkin disebabkan oleh ketidak mengertian kita terhadap cara Allah menuntun seseorang. Pertanyaannya “ Bagaimana mengetahui kehendak Allah?” dapat diperoleh dengan melakukan G-U-I-D-E :
GO – Temuilah Tuhan
Jangan menunggu sampai anda putus asa atau menderita sebelum melakukan hal yang penting ini. Amsal 3:5,6 mengatakan, “ Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri, akuilah Dia dalam segalalakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu” kita harus mengakui bahwa Allah mengendalikan hidup. kita mengakui Allah saat menerapkan Iman, mempraktekkan sikap Tunduk, berserah dalam Doa dan taat pada-Nya.
Understand – Pahami prinsip-prinsip-Nya
Kita dapat memahami prinsip-prinsip Allah, melalui Alkitab. Dalam kehidupan, Alkitab merupakan buku panduan bagi kita. buku ini mencakup semua masalah penting. Alkitab berisi segala yang perlu kita ketahui mengenai pemikiran dan kehidupan yang benar.
Investigate – Teliti pilihan-pilihan anda.
Mengenali berbagai alternatif yang dapat anda ambil sangatlah penting dalam pengambilan keputusan. meskipun pilihan pertama yang anda temukan mungkin tampak benar, alternatif lian juga harus dipertimbangkan. Pertimbangan pertama tidak selalu memberikan gambaran yang tepat (Amsal 18:17). Menginventaris pilihan yang dapat diambil tidaklah cukup. kita harus mempertimbangkan akibat yang munkin timbul dari setiap tindakan.
Allah kerap kali memimpin kita melalui pengunaan pertimbangan yg baik. Bagaimanpun Dia telah memberikan otak dan menyediakan banyak informasi untuk kita.
Allah ingin anda melakukan sesuatu dengan apa yang telah Dia perlengkapi dan persiapkan dalam diri anda.
Discuss – Diskusikan dengan orang lain
Dalam Amsal 12:15, Salomo berkata,”Jalan orang bodoh lurus dalam anggapannya sendiri, tetapi siapa mendengarkan nasehat,ia bijak.” Orang lain dapat melihat apa yang tidak dapat kita lihat dan bersifat lebih objektif dalam menilai hal-hal yang menurut kita baik. Mereka dapat menunjukan kesalahan dalam pendapat kita dan memberikan pertimbangan yang berharga.
Express – Nyatakan kebebasan Anda
Allah memberikan kita kebebasan untuk menggunakan otak guna memutuskan apa yang harus dilakukan. sebagai contoh, Allah memberikan kebebasan kepada Adam untuk menamai binatang ( Kejadian 2:19-20 )
Kebebasan yang diberikan Allah mencakup keputusan-keputusan yang tidak disebutkan oleh peraturan dan prinsip Allah ( misal : memilih mobil, memilih menu). Sebagai manusia, kita memiliki kebebasan untuk memilih diantara banyak hal yang baik, sesuai standar dan hikmat Allah.

Tidak ada komentar: